Tuesday, September 1, 2009

hemat air

tadi waktu di jalan melihat orang yang sedang menyiram halaman rumahnya dengan air, mungkin sekilas tampak biasa aja, tapi maaf saja bagi saya yang orang desa hal itu bukan hal biasa, karena di desa, saya masih menggunakan air sumur, dan ketika musim kemarau seperti ini saya dan keluarga saya harus mau berhemat air, untuk kelanjutan penggunaan air, karena jika saya tidak berhemat maka, satu saat kami pasti akan kesulitan air.
sedangkan di masyarakat perkotaan yang seringnya menggunakan air dari PDAM, dan mungkin mereka berpikir selama mereka mampu membayar, maka terserah mereka mau menggunakan air itu untuk apa tanpa pernah berpikir kalau air yang mereka gunakan juga beraal dari tanah pedesaan yang diambil ke kota. mungkin ada sebagian masyarakat kota yang mau berpikir untuk berhemat dalam menggunakan air, akan tetapi dari yang saya lihat,,jumlahnya sangatlah sedikit.
di desa saya sebelum ada sumur pengambilan air untuk PDAM yang berada dekat dengan sungai, air di sungai di musim kemarau seperti ini tidaklah sesedikit ini,, akan tetapi setelah keberadaan sumur itu, debit air menjadi sedikit.
mungkin sebaiknya semua orang muali berpikir untuk melakukan pengehematan dalam penggunaan air tanah, karena semua ini adalah untuk menjaga kelestarian hidup alam kita dimana hal ini akan juga berpengaruh dalam kehidupan umat manusia.

No comments: