Tuesday, September 15, 2009

air tanah

tiap tahun tinggi tanah dari permukaan air laut di jakarta diperkirakan turun beberapa centimeter. hal ini terjadi karena penggunaan air tanah yang tidak memperhatikan aspek menjaga lingkungan dan hanya penggunaan air tanah secara boros.
air tanah adalah salah satu sumber air bersih yang digunakan masyarakat kita, baik melalui sumur-sumur tradisonal maupun penggunaan cara yang lebih modern, misalnya saja sumur artesis, dan PDAM juga sering mengambil air jenis ini untuk konsumen mereka.
dari pengamatan saya sih untuk pengambilan air tanah dengan cara sumur tradisional masih sering memperhatikan dampak lingkungan dengan tidak melakukan pengambilan air tanah secara berlebihan, hal ini bisa terjadi karena kesadaran mereka yang mengambil air tanah dengan cara ini menyadari jika mereka mengambil air dengan seenaknya maka mereka akan mengalami kesulitan air pada musim kemarau, hal ini berbeda dengan mereka yang memanfaatkan air tanah dengan cara pengambilan modern ataupun lewat PDAM, karena dengan cara ini pengambilan air dari kedalaman tanah yang lebih dalam daripada pengambilan dengan cara sumur tradisional, maka meraka tidak dengan serta merta merasakan dampak dari berkurangnya debit air tanah.
dengan tidak menjaga air tanah sebenarnya kita telah merusak kehidupan kita sendiri, karena bagaimanapun kita membutuhkan air, oleh karena itu, mari dari sekarang kita sadari untuk menghemat penggunaan air ini,,semua ini untuk kelangsungan kehidupan kita dana anak cucu kita

No comments: